Daftar Sekarang
Gratis

BENTUK KEGIATAN

Seperti tertulis sebelumnya nuansa peringatan 1 abad pendidikan dokter Surabaya sudah dimulai sejak tanggal 10 November 2012 yaitu bertepatan dengan peringatan hari pahlawan dan secara bertahap akan mencapai puncak pada tanggal 17-20 Oktober 2013. Semua kegiatan ilmiah maupun non ilmiah di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sejak tanggal 10 November 2012 tersebut akan diberi label sebagai bagian dari peringatan 1 abad ini. Selanjutnya panitia akan menentukan dan memilih kegiatan-kegiatan yang ditampilkan pada puncak acara peringatan.

 

Bentuk kegiatan terutama yang ditampilkan pada puncak acara tanggal 17-20 Oktober 2013 akan terbagi dalam 3 kategori sesuai dengan 3 tujuan peringatan tersebut, yaitu :

  1. Kilas balik sejarah pendidikan dokter di Surabaya.
  2. Refleksi dan telaah pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.
  3. Reuni dan pemberdayaan komunikasi serta pencanangan "semangat" untuk peningkatan profesionalisme dokter

Pada pelaksanan peringatan ini ketiga kategori bentuk kegiatan diatas akan saling terkait dan secara bertahap akan mencapai puncak pada saat acara penutupan di akhir pekan waktu peringatan.
Kegiatan pada pekan peringatan 1 abad pendidikan dokter di Surabaya akan terangkum dengan gambaran sebagai berikut :

 

Acara pembukaan : sebagai petanda dimulainya pekan puncak acara peringatan. Dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, akan dihadiri undangan khusus, alumni dan mahasiswa. Kilas balik sejarah pendidikan dokter di Surabaya akan menjadi acara utama pada pembukaan dan selanjutnya akan ditampilkan "profile" Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga terkini.

 

Museum pendidikan dokter : sebagai tempat penyimpanan bukti sejarah, museum diharapkan tampil cantik dan kreatif melaksanakan "open house" berupa pameran foto, benda bersejarah dan segala hal yang terkait dengan pendidikan dokter. Panitia mengusulkan museum harus berbenah diri dan berani tampil beda agar mampu menarik minat pengunjung. Mengingat saat ini lokasi museum agak tersembunyi, panitia mengusulkan dilakukan relokasi dan renovasi museum agar dapat tampil trendy namun tetap sakral dan sekaligus dikelola secara modern dan profesional.

 

Optimalisasi cagar budaya : Berdasarkan SK Walikota No. 188.45/251/402.104/1996 No. Urut 2 Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya telah ditetapkan Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sebagai Bangunan Cagar Budaya. Konsekuensi penetapan tersebut adalah kita semua wajib merawat dan memopulerkannya. Perlu dilakukan kerjasama lintas sektoral dengan dinas pariwisata, pihak swasta dan travel biro untuk menarik wisatawan domestik maupun manca negara. Salah satunya dapat berkolaborasi dengan House of Sampoerna sambil mengusung tur tematik Surabaya Heritage dengan museum pendidikan dokter sebagai salah satu andalan tujuan wisata dan dengan mengikut sertakan museum RSUD Dr Soetomo Surabaya didalamnya.

 

Diskusi panel : merupakan media komunikasi bagi semua insan akademik alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga untuk berdiskusi masalah pendidikan dokter terkini. Berbagai topik akan didiskusikan misalnya tentang kurikulum, managemen pendidikan, tantangan BPJS dan peran masyarakat dalam pendidikan dokter akan dibicarakan dengan harapan tercapai peningkatan mutu pendidikan dokter di Surabaya. Direncanakan keikutsertaan perwakilan Fakultas Kedokteran lain, misalnya dari Jakarta, Bandung, Jogyakarta, Makasar dll yang akan bertindak sebagai mitra diskusi guna memperluas wawasan bersama.

 

Seminar ilmu pengertahuan dan teknologi kedokteran : merupakan media kreasi dan pamer kecanggihan karya pendidikan dokter dalam mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran selama periode 1 abad ini. Tidak hanya kecanggihan teknologi kedokteran yang di tampilkan tetapi juga keteladanan, kemandirian, kepekaan alumni terhadap fenomena sosial dimasyarakat serta teknologi tepat guna berbiaya murah akan diangkat sebagai materi seminar ini. Beberapa unggulan yang akan ditampilkan adalah : operasi kembar siam, transplantasi, kedokteran regeneratif, masalah yang terkait MDGs dll. Seperti diskusi panel, pada seminar ini akan dimeriahkan juga undangan khusus dari Fakultas Kedokteran lain.

 

Kontes ilmiah mahasiswa : merupakan ajang adu mahir ilmiah mahasiswa namun tetap kental dengan suasana persahabatan yang ceria. Lomba karya tulis kedokteran, lomba karya inovasi & enterprenurship serta debat mahasiswa akan menjadi kegiatan utama.

 

Seminar populer kedokteran : sebagai media komunikasi populer hasil karya unggulan pendidikan dokter. Pada seminar ini masyarakat dapat menonton sekaligus memperoleh informasi tentang dunia kedokteran terkini. Berbagai karya unggulan dibidang kedokteran akan ditampilkan dalam bentuk demo, visualisasi maupun tatap muka yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Pada saat itu akan diadakan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar para pelajar SMP dan SMA bisa dilibatkan pada kegiatan ini sehingga mereka menjadi dekat dan mencintai dunia kedokteran.

 

Temu alumni : menjadi saat yang ditunggu karena akan menjadi ajang berkumpulnya kembali seluruh alumni untuk melepas kangen. Berbagai kegiatan termasuk jalan sehat dan wisata kuliner akan mengisi suasana manis tersebut.


Bakti sosial : membantu sesama, menolong yang tidak mampu dan mendarmabaktikan ilmu kedokteran kepada masyarakat yang membutuhkan sungguh suatu kegiatan mulia yang akan rugi bila dilewatkan. Khitan masal, operasi bibir sumbing, PAP smear gratis, operasi katarak dll akan disebar pelaksanaannya kepada seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan.

 

Medical Expo : Panitia akan melaksanakan suatu pameran besar dan spektakuler tentang dunia kedokteran. Masyarakat akan bebas menyaksikan sekaligus mendapat informasi lengkap tentang materi dan produk dunia kedokteran terkini dari bermacam rumah sakit, perusahaan farmasi ternama, serta diikuti dengan pameran pendidikan dari beberapa perguruan tinggi terkenal di Indonesia. Diharapkan pameran yang dilaksanakan 4 hari ini akan berlangsung meriah dan ramai dikunjungi masyarakat.

 

Acara penutupan : adalah puncak seluruh rangkaian kegiatan peringatan 1 abad pendidikan dokter di Surabaya. Pada acara tersebut akan dilakukan penyerahan award kepada alumni berprestasi serta akan dilaksanakan pencanangan "semangat" sesuai tema peringatan agar menjadi pedoman seluruh alumni, staf pengajar dan mahasiswa mencapai cita-cita luhur dokter. Diharapkan acara penutupan berlangsung meriah tapi tetap hikmat dengan senantiasa menjunjung tinggi semangat upaya peningkatan profesional dokter.

 

Tentang

tema dan tujuan
1 abad FKUA

view

Panitia

daftar susunan
panitia

view

Jadwal

kegiatan pelaksanaan acara

view